Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Hmm di WhatsApp: Perbedaan Penggunaan Pria dan Wanita

Kata "hmm" sering digunakan dalam percakapan langsung atau melalui pesan WhatsApp. Meskipun kata ini cukup familiar, masih banyak orang yang tidak mengetahui arti dari kata "hmm" ketika digunakan oleh pria atau wanita.

Dalam chatting WhatsApp, kata "hmm" biasanya digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang sedang berfikir atau tidak yakin dengan jawaban yang akan diberikan. 

Hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut sedang merenungkan balasan dari percakapan yang sedang berlangsung. Menggunakan kata "hmm" dalam percakapan jauh lebih baik daripada tidak membalas pesan dalam waktu yang lama.

Contoh penggunaan Hmm dalam WA

Berikut ini adalah contoh penggunaan yang paling umum dari istilah "hmm" sebagai ekspresi ketidakpastian dalam percakapan:  

Contoh 1: 

A: Apakah kamu mau mancing di danau pada hari Minggu depan? 

B: Hmm, kita lihat dulu nanti. Sepertinya aku sudah ada janji pada hari tersebut.  

Contoh 2: 

A: Apakah ada PR Matematika untuk besok? 

B: Hmm, sepertinya tidak ada. Namun, agar lebih yakin, sebaiknya tanyakan pada orang lain.

Dalam kedua contoh di atas, kata "hmm" digunakan untuk menunjukkan bahwa pembicara tidak pasti atau tidak yakin dengan jawaban yang diberikan. Ini dapat digunakan untuk memberikan jawaban yang tidak pasti dan tidak mengikat, dan memberikan waktu untuk merenungkan jawaban yang tepat.

Arti dari kata "Hmm" tidak tergantung pada jenis kelamin, melainkan lebih pada individu dan cara mereka berkomunikasi. Namun, perempuan cenderung lebih sering menggunakan "Hmm" sebagai ekspresi kekesalan terhadap pasangannya misalnya,

A: Beb, aku ngaku salah karena lupa ulang tahun kamu. Maafin ya?
B: Hmm...

Kata "Hmm" juga dapat digunakan dalam berbagai situasi lainnya. Hal ini tergantung pada nada suara dan ekspresi wajah yang digunakan saat mengucapkannya.

Misalnya, "Hmm" yang digunakan dengan nada bingung dan ekspresi wajah yang bertanya dapat berarti permintaan untuk mengulangi percakapan.

Contoh lain ketika satu orang bicara panjang lebar dan lainnya cuma bilang "Hmm" dengan ekspresi ngantuk yang menunjukkan kebosanan/ tidak tertarik membahas hal tersebut. 

Perbedaan ini sering kali sulit untuk diekspresikan dalam percakapan melalui chatting, namun dengan memperhatikan konteks percakapan dan juga intonasi yang digunakan dapat membantu dalam memahami arti dari "Hmm" yang digunakan.

Perbedaan Hm, Hmm dan Hemmm

Kata "hmm" merupakan bentuk penulisan yang paling umum digunakan untuk mengekspresikan keraguan atau ketidakpastian dalam percakapan. Bunyi "H" digunakan sebagai pengganti tarikan napas, sementara bunyi "M" digunakan sebagai pengganti napas yang keluar dari mulut yang tertutup.

Dalam dunia nyata, ketika seseorang mengeluarkan kata "hmm", biasanya dia akan terlihat bingung dengan dahi yang mengkerut, yang menunjukkan bahwa dia sedang berpikir tentang sesuatu. Ketika ada yang bertanya kemungkinan akan menjawab dengan hmmm yang panjang.

Dalam percakapan melalui chatting seperti Whatsapp dan Telegram, jumlah "m" yang digunakan dapat menunjukkan tingkat kedalaman pemikiran seseorang. Namun, perlu diingat untuk tidak menggunakan "m" terlalu banyak karena dapat menimbulkan kekesalan pada lawan chatting.

Kata "hemmm" sering diucapkan dengan sedikit lebih lama atau dengan intonasi yang lebih tinggi daripada "hmm", yang dapat memberikan arti bahwa seseorang sedang terlibat dalam proses pemikiran yang lebih mendalam atau lebih ragu-ragu.

Sedangkan kata "hm" merupakan versi singkat dari "hmm" dan sering digunakan sebagai tanda yang lebih sederhana dan cepat daripada "hmm". Dalam bahasa gaul, kata "hm" lebih cocok digunakan untuk mengekspresikan kebosanan atau ketidaktertarikan dalam percakapan, atau juga untuk menunjukkan kekesalan.

Cara Menjawab Kata Hmm

Berikut beberapa cara yang dapat Anda pertimbangkan untuk membalas "hmm" dari seseorang,

  1. Berikan penjelasan atau jawaban: Jika Anda tahu apa yang mereka pikirkan atau apa yang membuat ragu, Anda dapat memberikan penjelasan atau jawaban yang sesuai untuk membantu mereka memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya.
  2. Tanyakan apa yang sedang mereka pikirkan: Jika Anda tidak yakin apa yang sedang mereka pikirkan, Anda dapat bertanya secara spesifik apa yang dipikirkan atau apa yang membuat mereka ragu.
  3. Lanjutkan dengan topik lain: Jika Anda tidak merasa nyaman menanggapi "hmm" dari seseorang, Silahkan mengalihkan percakapan ke topik lain yang lebih mudah atau lebih nyaman bagi Anda.

Kesimpulannya makna dalam penggunaan Hmm dalam chatting tidak seberagam ngobrol langsung di dunia nyata. Terlepas dari semua, yang jelas arti kata hmm dari pria dan wanita itu sama saja. Yang membedakan adalah emosi pengguna yang bisa lihat dari percakapan sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Arti Hmm di WhatsApp: Perbedaan Penggunaan Pria dan Wanita"