Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Leave Meeting di Zoom: Cara Mudah Keluar Rapat

Bagi para pengguna yang belum familiar dengan aplikasi videoconferencing Zoom, mungkin akan merasa kebingungan dengan beragam menu dan tombol yang tersedia.

Salah satu fitur penting yang perlu diketahui adalah tombol "Leave Meeting" yang ditandai dengan latar warna merah dan putih untuk tulisannya.

Leave Meeting artinya meninggalkan atau keluar pertemuan (terjemahan dari bahasa Inggris ke Indonesia). Dengan mengklik tombol ini, pengguna dapat keluar dari pertemuan di Zoom sebelum pertemuan tersebut berakhir. Hal ini sangat berguna jika pengguna ingin meninggalkan pertemuan secara mendadak atau jika ada urusan lain yang harus segera ditangani.

Cara Leave Meeting di Zoom via Aplikasi sebagai Peserta

Untuk meninggalkan sebuah pertemuan Zoom melalui aplikasi sebagai peserta, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Zoom dan ikuti proses untuk masuk ke pertemuan yang diinginkan.
  2. Saat pertemuan sedang berlangsung, sentuh layar perangkat Anda untuk menampilkan menu-menu yang tersedia di aplikasi Zoom.
  3. Temukan dan tekan tombol Leave yang berwarna merah yang terletak di pojok kanan atas layar.
  4. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi keinginan Anda untuk meninggalkan pertemuan. Tekan tombol Leave Meeting untuk melanjutkan.
  5. Selesai, Anda sudah berhasil meninggalkan pertemuan tersebut.

Tutorial yang diberikan di atas ditujukan untuk pengguna perangkat Android. Namun, cara untuk meninggalkan pertemuan Zoom di iPhone dan Desktop tidak jauh berbeda dengan tutorial tersebut. 

Perbedaan yang mungkin terjadi hanyalah dalam tata letak menu yang digunakan. Namun, jika Anda mengakses Zoom melalui browser web, maka cara untuk meninggalkan pertemuan sama dengan tutorial yang diberikan di atas.

Apakah Jika Leave dari Zoom Akan Ketahuan?

Saat ini, banyak orang yang menggunakan aplikasi Zoom untuk berbagai keperluan seperti rapat, kuliah, atau hanya untuk berkomunikasi dengan teman-teman. Namun, ada beberapa orang yang merasa ragu untuk meninggalkan pertemuan Zoom karena khawatir akan diketahui oleh peserta lain.

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa ketika meninggalkan pertemuan Zoom, aplikasi akan menampilkan notifikasi bahwa Anda telah meninggalkan pertemuan. Namun, notifikasi tersebut hanya akan muncul dalam hitungan detik dan jika tidak ditengok oleh peserta lain, maka mereka tidak akan menyadarinya. 

Jika jumlah peserta yang hadir dalam pertemuan sangat sedikit, maka kemungkinan besar peserta lain tidak akan menyadari bahwa Anda telah meninggalkan pertemuan.

Untuk host/tuan rumah pertemuan, ketika meninggalkan pertemuan, aplikasi Zoom akan menampilkan peringatan untuk menunjuk seorang host baru. Anda dapat menunjuk seorang peserta lain dengan memilih opsi "Assign a New Host", lalu pilih peserta yang ingin Anda jadikan host baru dan klik "Assign and Leave".

Dengan cara ini, Anda dapat keluar dan pertemuan dapat dilanjutkan dengan host baru tanpa harus diketahui oleh peserta lain. Namun, sebaiknya berpamitan dulu pada peserta lain sebelum meninggalkan pertemuan Zoom.

Kesimpulannya jika notifikasi keluar tidak dilihat oleh peserta lain, maka mereka tidak akan mengetahui bahwa seseorang telah meninggalkan pertemuan tersebut. Hal ini mungkin tidak menjadi masalah dalam pertemuan umum dengan jumlah peserta yang besar, namun dalam pertemuan pembelajaran di sekolah atau kampus, kemungkinan akan terlihat dan diketahui oleh peserta lain.

Posting Komentar untuk "Arti Leave Meeting di Zoom: Cara Mudah Keluar Rapat"